Mudahnya Ngeblog Dengan WordPress Secara Gratis

Mudahnya Ngeblog Dengan Wordpress Secara Gratis

widgetlike.com – Kegiatan blogging kini semakin disukai oleh masyarakat Indonesia, karena tidak terkait usia dan dapat dilakukan oleh siapa saja dari mana saja. Dari tahun ke tahun terdapat peningkatan yang signifikan jumlah blogger (pengguna blog) dengan topik yang makin beragam, seperti kuliner, travel, fashion, dan mengusung keunikan style masing-masing. Dan saya adalah salah satu blogger yang terkena arus blogging tersebut.

Sebagai blogger pemula, saya ingin membagikan pengalaman saya membuat blog yang saya jadikan sebagai tempat saya menyalurkan hobi menulis. Dalam membuat blog, ada beberapa platform yang bisa dipilih seperti WordPress, Tumblr, Blogger, Weebly, Jigsy, dan lainnya dan saya memilih platform WordPress untuk blog saya.

Saya merekomendasikan WordPress, karena selain mudah dan gratis, platform ini cukup banyak digunakan oleh blogger-blogger di Indonesia. Selain itu, WordPress juga memberikan subdomain dan hosting secara gratis. Menarik, bukan? WordPress sendiri adalah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine).

Berikut ini langkah-langkah yang saya lakukan pada saat membuat blog di WordPress:

  1. Mengenal Panel Dashboard WordPress

Hal yang pertama saya lakukan adalah mempelajari panel-panel dashboard WordPress. Setelah selesai mendaftar, saya mempelajari fitur-fitur dashboard di area ” Admin WP ” karena lebih familiar. Fitur-fitur yang ada di halaman pertama WordPress ini penting untuk pengguna baru seperti saya karena saya akan selalu melakukan perubahan tampilan yang disesuaikan dengan tema atau topik tulisan saya. Di area Admin WP ini, ada beberapa tab yang saya perhatikan:

  1. Mulai Post Pertama: merupakan tombol yang bisa saya gunakan untuk membuat post
  2. Tambahkan WordPress Baru: merupakan link menuju halaman pembuatan blog Karena gratis, saya mempunyai lebih dari satu blog di WordPress sesuai dengan tema tulisan saya.
  3. Lihat Situs: merupakan link untuk melihat hasil blog
  4. Admin WP merupakan link menuju ke area ” Admin WP
  1. Membuat Blog Gratis di WordPress

Kemudian saya masuk ke web WordPress dengan mengetikkan alamat url: https://id.wordpress.com/.  Setelah halaman WordPress terbuka, akan ada kolom mendaftar untuk mengisi nama alamat web yang saya inginkan, sebagai contoh rumahati.wordpress.com. Setelah diinput, kemudian saya klik tombol “Buat Situs Web”. Selanjutnya akan muncul halaman baru. Pada halaman ini, saya mengisi kolom-kolom standar seperti alamat email, nama pengguna (untuk login), password, dan alamat blog.

Untuk nama pengguna, saya mengecek terlebih dahulu ketersediaanya (available). Setelah lengkap, saya klik ” Langkah Berikutnya “, dan saya masuk ke halaman ” Cari Alamat Kustom ”. Saya tidak ingin menggunakan sub-domain sehingga saya melewatinya dengan mengklik ” Tidak, Terima Kasih

Sekarang saya sudah berada di halaman untuk memilih template atau tema blog. Di tahap ini, saya bisa memilih-milih tema manapun yang akan menjadi image diri saya. Dulu, sewaktu belum paham, saya memilih tema standar karena saya tahu saya bisa mengubahnya nanti.

Baca juga : Reputasi Baik, Minat Pelanggan Naik

Setelah pemilihan tema, saya melanjutkan ke halaman pemilihan paket. Karena saya memilih WordPress yang gratisan, maka saya langsung mengklik paket yang bertuliskan “pilih gratis”. Setelah itu saya langsung menuju ke halaman dashboard di WordPress.com. Di tahap ini, blog saya sudah terdaftar dan nama rumahati.wordpress.com resmi menjadi blog milik saya. Sebelumnya saya harus mengaktivasi blog ini via email yang dikirimkan oleh WordPress.

  1. Memposting Konten di WordPress

Kini, saya sudah bisa memposting konten di WordPress dengan cara mengklik tombol “Tulisan”. Sebelumnya, saya mempelajari beberapa kegunaan tombol di halaman ini.

  1. Judul konten: kolom ini saya isi dengan dengan judul konten
  2. Menu formatting: di menu ini saya bisa menambahkan link, mengatur font dan ukuran text, memilih warna text, menambah gambar, dan video, dan lain-lain, sehingga tampilan konten saya tampak menarik.
  3. Halaman konten: halaman ini adalah tempat saya untuk menambahkan konten yang bisa berbentuk teks, gambar, dan video.
  4. Kategori dan Tag: di menu ini saya menggunakan hashtag agar pembaca setia blog saya mudah menemukan tulisan saya.

Dengan memahami fitur-fitur ini, proses saya menulis menjadi lebih mudah dan cepat. Untuk tulisan lama di laptop, saya tinggal mengcopy paste tulisan itu di halaman konten. Setelah selesai, saya tinggal mengklik tombol “Terbitkan” untuk mempostingnya yang letaknya ada di sebelah kanan halaman WordPress. Setelah diposting, saya akan melihat respon pembaca setia saya dan membalas komentar mereka.

Selain kemudahan di atas, alasan saya memilih WordPress juga karena sudah ada instruksi dalam bahasa Indonesia sehingga saya tidak terlalu khawatir ketika saya mengutak-atik menu untuk mengubah tampilan blog. Pada waktu saya mengalami masalah yang berkaitan dengan blog, saya langsung menggunakan tab “bantuan” yang terhubung langsung ke bagian bantuan WordPress online. Selain itu forum pengguna aktif banyak membantu menjawab pertanyaan terkait dengan WordPress.

Semoga sharing pengalaman ini bisa membantu teman-teman yang mau membuat blog WordPress.

Related posts